Promise: Leuit



Leuit 2, originally uploaded by delina ikada.

Yang saya tahu tentang Leuit adalah, ini semacam tempat untuk menyimpan padi, makanan pokok warga setempat. Foto ini saya ambil di suatu desa terpencil yang bisa dibilang kalau kamu mau pergi ke Baduy, kamu harus lewatin desa ini dulu. Dulu saya pikir ini sudah pemukiman Baduy loh.. ternyata belum. Tapi sebagian besar warganya memang keturunan Baduy dalam, yang kemudian keluar, sehingga disebut Baduy Luar. Nenek saya, kebetulan desa kelahirannya di sini. Jadi waktu saya ambil foto ini, saya memang sedang berkunjung juga ke desa dimana banyak saudara-saudara saya tinggal. It’s a very peaceful village. Serius deh. Kayaknya damaiiii banget… dan udaranya juga sejuk. Secara itu desa dibatasin gunung, gunung, dan gunung. Kalau mau ke sana aja ya, you will experience 2-3 times naik turun gunung. Sesuatu deh.. jalanannya juga seru lagi (baca: horor).

Oh ya balik ke topik Leuit. Leuit ini, ajaibnya, bisa menyimpan padi dan membuatnya sangaaattt tahan lama.. itu padi kalau disimpan di Leuit bisa tahan sampai berpuluh2 tahun, bahkan ratusan tahun. Jangan tanya saya rahasianya apa.. Tapi faktanya begitu. Padi, buat warga setempat, udah kayak harta kekayaan mereka. Tiap keluarga pasti punya seenggaknya satu leuit. Leuit-leuit ini sengaja dikumpulin di satu area khusus, jadi bisa menampung banyak leuit warga setempat. Ngeliatnya rapih.. dan unik aja. I’ll share another Leuit photo on the next post ya.. Chaow.

Yay, I’ve made my promise againnn.. 2 photos left. hehehe.

Leave a Reply

