A year ago: June 18th 2009

Hey, dunia.😀

Saya menemukan catatan ini di laptop saya. dan…….. catatan ini tepat berumur setahun yang lalu. Dan isinya tentang pengalaman pertama saya jadi moderator di kelas…. *ketawa sedih. Nih, mau saya pamerin pengalaman nggak penting tapi berharga ini.

Dapet pengalaman baru hari ini (Rabu, 17 Juni 2009): jadi moderator di sesi presentasi ketiga MPG. Bukan, bukan karna maunya saya.. emang ditunjuk paksa. Saya gak denger Kak Ardi bilang apa, karna saya lagi ngobrol sama Elis, ngebantuin dia dengan logo himagizi yg pengen diturunin opacitynya, tapi dia pake Corel jadi saya gak bisa bantu banyak. Iyo.. lalu Desy tiba-tiba nyenggol-nyenggol saya.. “Delin! Itu.. lo jadi moderator!” …

“Ho? Apa?”

“Moderator..”

Hanya satu yang keluar dari mulut saya: “Mampus.”

Dan saya kemudian mendengar Wirudy tertawa.

Di depan, selama menjadi moderator, saya melihat mata-mata itu. Muka-muka itu. Uli, mita, yang baru dateng tiba-tiba bingung penuh tanda seru dan tanya di mimik wajahnya, “Ngapain delin!??” Dengan bahasa isyarat cantik penuh khidmat saya menjawab-tanpa suara, “m o d e r a t o r”.

Mereka hanya tertawa dan berkata, “Sukuriiinnn…”

Dan ujung hidung saya hanya bisa berkedut-kedut ke atas-bawah…

Entah kenapa, saya punya feeling yang selalu tepat. Sebelum acara tunjuk paksa moderator ini, saya emang ngerasa bakal kena, dan sempet punya niat untuk keluar kelas yang lamaan bentar, maksudnya kalo pas ditunjuk ternyata saya-nya gak ada kan, jadinya gak jadi gitu…. Eh bener aja kan, nama saya yang kesebut. Apes,…tahu bakal jadinya seperti ini, saya mengikuti feeling saya tadi.

Tapi gak apa-apa. Akhirnya saya ngerasain juga jadi moderator… Kapan lagi cuba? Euh.. berhubung saya orangnya emang tidak diciptakan pintar ngomong di depan umum, jadi pas di depan juga saya bener-bener ngomong seperlunya, gak banyak improvisasi untuk meningkatkan apresiasi penonton. Minta tepuk tangan ya udah, “Ya..tepuk tangan untuk echa..”

Minta presentannya untuk maju, ya..”Berikutnya, presentasi oleh….”

UDAH. Dua kalimat itu doank.. hahahaha…. *sedih*.

Ya sudahlah, a chance doesn’t come twice. Daripada suatu hari di akhir hayat hidup saya tertunduk lemas sambil mengoceh pelan, “Saya belum pernah merasakan jadi moderator, Ya Allah”

Nah. Itu pengalaman pertama saya. Pengalaman kedua, ternyata jatuhnya ga bagus-bagus amat juga. Lebih parah malah  *sigh. Kali kedua, saya ditunjuk dadakan juga jadi moderator untuk presentasi kelompok mikrobiologi pangan saya. Ya kayak yang pertama itu…… ngomong seperlunya aja. Satu patah dua patah kata bukan basa-basi banget deh. Beneran emang cuma beberapa patah kata aja.😦 Sadisnya, waktu penutupan..

saya: “Ya, terima kasih untuk perhatiannya. Sekian presentasi dari kelompok empat, kelompok keledai…..”

kemudian.. *terdengar gelak tawa kelas

saya: “Errr…..???” *celingak-celinguk ke anggota kelompok

ghaida: *pelan “kedelai, delin….”

saya: Oh ya. Maaf… kelompok kedelai……    *merah batu neraka saya. bukan kepiting lagi.

Untuk info aja, kelompok mikrobiologi pangan kami dibagi berdasarkan nama pangan yang kami ambil sebagai topik dalam satu semester itu. Kami ambil pangan kedelai. Dan bukan keledai. Saya bahkan suka ga nyadar perbedaannya apa… Oh sulit skali. Trus, ga ada juga tuh kelompok berdasarkan nomor.. kelompok satu.. kelompok dua… kelompok tiga.. apalagi kelompok 4 seperti yang saya sebutkan di sesi presentasi itu. Ngaranggg………

Baiknya, Bu Dosen bilang “Ya, moderatornya average……..” alih-alih bilang saya parah atau apa. Malu… karna itu bukan kelas mayor saya. Itu kelas minor. Dan dari sekelas itu, yang saya kenal cuma 3-4 orang aja.😦 Kalau memalukan diri sendiri di depan temen2 GM sih.. ya, tetep malu juga sih… cuma ga akan semalu di kelas minor.

Heuheu.

Those are some experiences…. yang membuat saya makin sadar. Minat saya bukan di dunia TATAP MUKA. BROADCASTING. ATAU KOMUNIKASI LANGSUNG. Apapun bentuknya yang melibatkan lidah dan muka saya ini. Nooo wayyyyyyyyy!

Ya, it’s a year ago. What an experience, huh?

love this blog.

Delina.

9 thoughts on “A year ago: June 18th 2009

  1. Haha..i love this blogposted story…

    Kadang keadaan mengharuskan kita selalu siap kapanpun dan dimanapun,..selalu terjadi keadaan dimana sesuatu yang tidak diharapkan menimpa diri kita..ooh..noo.

    Pengalamanku jg selalu seperti kamu menjadi moderator, menjadi pemimpin do’a, menjadi ketua kelompok..adaaa aja yg nyuruh. pdhl msh ada orang lain yg lbh mumpini n dewasa. menurut kita..hehe

    Tapi pengalaman bs mengajarkan kita segalanya..Sukses selalu untukmu dan blog mu ini delin..

    Caiyooo..cheers..V^_^V

    • hey kau… tumben ga galak.. hwahahaha…

      ya, selalu setuju sama buku kiki itu : experience is the best teacher.

      makasih udah mampir.. ngasih komen lagi. ^.^ trus trus ngasih semangat juga.. >.<
      Tumben banget nih, habis kesambet apa gung?

  2. Masa mesti galak mulu sih del..emangnya guguk harus galak. Grrrrr..guk..guk..guk

    mampir ke blogmu seperti mencoba mengenali sosok delin sebenarnya..sperti apakah dia, apa yang di lakukannya dan ..dan..dan..juga hobi makannya yang tidak pernah mau dia akui..hehe (pisss..yauww.. :P)

    Yea, You’ll never know till you have tried..(iseng2 dikutip dari buku kiki di warung sebelah. Tp nya g pake beli..he..he)
    Semangattt..!!!

    • eh gung, ada salam dari yang punya warung: “Mas, jangan mampir2 lagi ya”

      sibuk-sibuk masih bisa comment blog orang ye.. hahahahahahahah *ketawa vampir

      • Karena, blogwalking dan ngasih2 comment ke blog orang adalah pekerjaanku sehari2. Selain untuk saling bertegur sapa juga untuk saling memberikan masukkan atau saran2 yang mungkin diperlukan untuk meningkatkan kapasitas blog yang dikunjungi.
        Cz apalah artinya blog kita yang indah dan informatif kalo tidak ada trafficnya..*kq gw jd ngelantur gini ya(sorry mgkn pengaruh cuaca yg mendung)..😀

        Thanks utk share infonya..ditunggu ya postingan selanjutnya.

    • walaikumsalam wirudyyy..🙂
      haha… lucu apanya… memalukan gitu juga..😛 makasih udah mampir..🙂

Leave a Reply

