Buku : Kesenangan Lama yg Menyapa Lagi.

Saya seneng baca buku…. tapi jelas bukan buku pelajaran atau buku2 kuliah., yang saya maksud di sini adalah novel. Kesenangan saya baca buku sempet berhibernasi… tapi akhir2 ini… saya keinget buku. Kenapa bisa? Karna ngeliat diskon gede2an di gramedia… hehe Huuuw.. ya ampun, itu novel-novel harganya 10.000.-15.000an. Gimana saya ga tergiur? rasanya waktu itu penginnn banget ngeborong semua novel-novel itu.. Novel2nya bagus-bagus… bukan novel murahan .. itu novel yang sebenernya ga pantes dikasih harga 15ribuan begitu..😦 kalo saya yang bikin novel itu, kira-kira bakal sakit hati ga ya ngeliat buku saya diobral-obral ..

Sebelum beli banyak buku itu, saya sempet mikir. Kayaknya saya emang perlu deh beli buku banyak… saya perlu menghabiskan waktu luang saya dengan baca buku… i should find another pleasure dengan yang lebih bermanfaat. Saya ga tau juga apakah novel membawa manfaat yang senyata kalau kita baca buku-buku ilmiah? Tapi kalo dipikir-pikir sih.. ada manfaatnya banget buat saya. Novel ngajarin saya banyak hal soal bermain-main dengan imajinasi… bermain-main dengan kata-kata…. dan membuat saya cukup banyak tau soal dunia yang bahkan ngga pernah saya sentuh. Saya udah lama banget, membuat diri saya menemukan kesenangan dengan jalan-jalan ke mall. Tapi, setelah dua kali kena gempa di dalem mall, dan setelah itu saya semedi mencari jawaban… kenapa, kenapa, kenapa Allah telah dua kali mengirim gempanya saat saya di mall?? Karna, pasti ada sesuatu kan yang ingin Allah ajarkan pada saya….

Saya hanya bisa membuat kesimpulan untuk diri saya sendiri. Saya ga boleh mencari kesenangan hanya dengan pergi ke mall… liat-liat tanpa arti… belanja tanpa arti dan makna buat saya pribadi… dan saat mikirin itu, kayak ada suara click di dalam kepala saya… dan saya ngeliat wajah orang-orang yang sangat saya kenal…. orang yang saat ini, mungkin saat saya berhaha-hihi di dalem mall, dia sedang membanting tulangnya untuk menafkahi keluarganya… dia sedang mencari dengan susah payah uang yang saya buang dengan begitu mudahnya…

Jadi, entah kenapa, saya benar-benar merasa tidak manusiawi.

Saya tahu, dan sangat sangat paham. Tulisan ini sungguh tidak saya maksudkan untuk kamu yang pada dasarnya suka pergi ke mall. Saya sangat menekankan hal ini: Tulisan ini dan apa-apa yang saya sampaikan di sini adalah lebih untuk diri saya sendiri. Pelajaran untuk diri saya sendiri. Saya sama sekali ga bermaksud menyuruh kamu-yg-lg-baca-ini untuk berhenti pergi ke mall. Sama sekali nggak. Setiap orang punya hak untuk nentuin kesenangan mereka sendiri, begitu pula dengan saya, dan saya sangat sangat sangat mengerti setiap pilihan yang kalian buat soal ini.

Saya akhirnya memilih untuk mencari kesenangan saya sendiri dengan membaca buku.

Dan, it works for me. Saya emang pada dasarnya suka baca buku, jadi ngehabisin waktu berjam-jam untuk buku bukan sesuatu yang membosankan buat saya. Saya senang ketika masuk ke dunia khayalnya si pengarang… ngenalin tokoh2nya… ngikutin alur ceritanya… dan akhirnya berhenti di endingnya. Dan kemudian menutup halaman terakhir buku itu dengan senyuman puas…Akhirnya… (hehehe apa sih?)

Eh. tapi ada satu buku… yang saya beli mahal-mahal: Brisingr. Ternyata malah bikin saya sebel. Itu isinya masa ya… satu tokoh bisa ngomong… ngomong doankkk… sampe satu halaman penuh! isinya cuma babblings-nya si tokoh satu itu. Trus di halaman2 berikutnya sama… Aiiiighh dan pda halaman ke 200an… saya kesel. Dan alih-alih ngelanjutin lagi, saya malah baca halaman terakhirnya…. sekalian aja deh saya pikir tau endingnya gimana. ehhhhhh di halaman terakhirnya: “Buku ini akan dilanjutkan ke buku empat”. Padahal kan eragon itu buku trilogi… itu kata si pengarangnya dulu waktu bikin buku pertamanya. Tapi, sekarang dia ngubah pernyataannnya sendiri… dengan semena-menanya.. Eragon bakal jadi tetralogi… Huuuuhhhhh… rasanya saya pengen ngembaliin buku itu ke gramedia… nuker sama novel2 lainnya aja…

Itu karna isinya membosankan, makanya saya ga rela bukunya sampe buku keempat. Kalau semisalnya JK Rowling yang bilang bahwa harry potter akan dilanjutkan ke buku 8… Olalalalalala.. Yiiihaaaa…. saya rela deh nari samba di bawah laut!!! Yang artinya, saya akan senang bangeeeetttt dan rela mengorbankan apa aja demi baca buku itu (ini kalimat lebai yah, jgn diseriusin).

Jadi, hari ini, dan hari-hari berikutnya, kalau ada waktu luang, saya mau mau mau mau baca buku!!

Kecuali kalau mau beli baju dan sepatu, atau nonton film, mau ga mau, saya harus ke mall.🙂

Dan akhir kata dari posting kali ini….

Saya berterima kasih dan bersyukur pada Allah… Allah yang selalu mengajari saya tanpa pernah menggurui… tanpa pernah mengintimidasi… tanpa pernah membuat saya terlihat bodoh terlebih dulu… untuk mengajari banyak hal pada saya di hidup yang terlalu singkat ini.

Alhamdulillah…🙂

Love and hug,

d/e

Leave a Reply

